Rabu, 01 April 2009

Action Script Keping Puzzle

Saat semester 2 pada mata kuliah Multimedia I, saya mendapat tugas untuk membuat game puzzle. Kami dibekali CD Tutorial yang berisi cara-cara pembuatan game puzzle tersebut. Ternyata ada kesalahan pada action script untuk membuat keping puzzle menempel pada papan. Akhirnya kami menanyakan pada dosen, seperti apa action script yang benar. Setelah kami mengetahui yang benar dan mencobanya, ternyata keping puzzle dapat menempel bila di-drag ke lokasi yang benar dan kembali bila di-drag ke lokasi yang salah.

Ini adalah Action Script untuk membuat keping puzzle dapat menempel pada papan bila di-drag ke lokasi papan yang benar. Action script ini diberikan kepada setiap keping puzzle.


on (press) {
xAwal=this._x;
yAwal=this._y;
startDrag(this);
}
on (release) {
if (this._droptarget=="/lok1") {
this._x=_root.lok1._x;
this._y=_root.lok1._y;
this.enabled=false;
}
else {
this._x=xAwal;
this._y=yAwal;
}
stopDrag();
}


Di Properties, beri nama instance pada papan untuk masing-masing lokasi keping puzzle. Lokasi keping puzzle ke-1 dengan instance name lok1. Untuk keping puzzle ke-2, beri instance name lok2, dan begitu seterusnya, sampai berapa keping puzzle yang dibuat. Karena kata ”lok1” pada action script di atas, tergantung dari pemberian instance name setiap lokasi.

Referensi :

Sutopo, Ariesto Hadi. ____. CD Tutorial Puzzle.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar